Fitur di dalam Blogspot



Jika and mengakses halaman http//www.blogger.com/features, akan tampak bahwa cukup banyak fitur yang telah disediakan oleh google didalam layanan Blognya. Beberapa fitur antara lain :

  1.   Mudah dan gratis. 
Tidak butuh waktu lama untuk mempelajari cara menggunakan Blogspot. Dalam waktu yang singkat, Anda bisa menuliskan artikel dengan diseartai Foto, video dan lainnya.





  1.  Antar muka yang mudah . 
Karena tampilannya sangat familiar (seperti Microsoft word), Anda bisa mengaturtampoilan artikek sesuai dengan keinginan. Bahkan fitur penyimpanan otomatis (Auto save), pemeriksaan ejaan, dan pemerian label tersedia pada halaman pengeditan artikel.



  1.  Nama domain sendiri. 
Selain alamat dengan akhiran blogspot.com , anda bisa membeli dan menggunakan nama domain sendiri (com, org, net dan lainnyauntuk mengganti alamat blog anda didalam Blogspot, tanpa harus membayar biaya tambahan ke google. Nama domain bisa dibeli sendiri, atou melalui Google, atou meggunakan nama domain gratis dari situs co.cc.





  1.  Bebas dengan mudah mengganti tampilan . 
Pada beberapa layanan Blog, mengganti tampilan dibatasi pada pada temlpateyang disediakan saja. Namun didalam blogspot, anda bebas menggantinya, baik menggunakan internal Blogspotmaupu pihak ketiga.  Selain itu fasilitasdrag-and-drop akan memudahkan anda dalam mengatur posisi gadget-gadget yg tampil diatas blog.



  1.  Foto dan video didalam artikel

Jika pada masa lalu, menambahkan video dan foto memerlukan pengetahuan teknis dalam penyimpanan ke server, namun saat ini tidak diperlukan lagi.
Semuanya dapat dilakukan dengan mudah, hanya melalui tombol-tombol  yang tersedia. Bagi pengguna e-mail yang aktif, tentunya hal ini akan mengingatkan Anda pada pengiriman file didalam e-mail melalui attachment




  1.  Membangun komunitas blog 
Anda dan pembaca mempunyai kesempatan dalam membangun komunitas Blog melalui gadget yang disediakan oleh Blogspot. Gadget tersebut akan menampakan orang-orang yang menyukai dan mengikuti tulisan-tulisan anda didalam Blog.




  1.  Umpan balik pembaca. 
Bagi dunia pemasaran, fasilitas umpan balik dari pembaca atou konsumen akan menjadi asset yang berharga. Pemilik usaha dapat mendengarkan masukan-masukan dari orang-orang yang peduli dengan artikel, produk, maupun jasa didalam Blog tersebut. Bagi pengguna Blog pada umumnya, mekanisme komentar dapat menjadi pemicu dalam menulis artikel-artikel baru lainnya.




  1.  Pemberitauan artikel baru. 
Blogspot akan mengirimkan pemberitauan akan adanya artikel baru kepada orang-orang yang mengikuti artikel anda. Hal ini tentunya akan membantu penulis Blog dalam memberitakan artikel-artikel barunya kepada orang lain.



  1.  Menggunakan ID saja 
Melalui satu identitas saja didalam google, anda bisa menggunakan untuk mengakses berbagai sumberdaya yang diberikan oleh google. Bahkan alamat blog anda juga bisa menjadi Open IDpada saat memberikan komentar didalam Blogspot. Fitur ini mematahkan tuduhan dari pengguna layanan bloglaiunnya yang menyatakan Blogspot hanya bisa diberikan komentar oleh sesame pengunanya saja.



  1.  Tersedia dalam berbagai bahasa. 
Bahasa pengantar yang menuntun penggunadalam mengoperasikan layanan Blog sangat memudahkan penggunanya dan berpengaruh pada anggota-anggota baru didalam suatu Negara. Bahasa Indonesia merupakan salah satu bahasa yang didukung oleh Google diantara 41 bahasa dunia lainnya.


  
  1.  Menulis artikel saat dijalan. 
Dengan adanya GPRS dan 3G yang menjamut di Indonesia, sering kali muncul keinginan untuk menulis di dalam Blog. Tampaknya hal ini juga diperhatikan oleh Blogspot. Anda bisa menerbitkan artikelkedalam Blog melalui fasilitas Mail-to-Bloger.


  1.  Menulis blog bersama-sama. 
Seringkali suatu blog membutuhkan jumlah pengelola yang lebih dari satu. Begbagi username dan paswworddalam pengelolaan Blog merupakan budaya lama yang harus ditinggalkan. Selain tidak aman, hal tersebut juga sulitdiketahui identitas penulisnya. Sehingga potensi konflik akan cukup terbuka ketika username dan password bocor ke orang lain atau ketika informasi yang tidak benar muncul di dalam blog.  Blogspot menyediakan pengelolaan Blog secara bersama dengan wewenang yang berbeda-beda.



  1.  Bebas menggunakan aplikasi pihak ketiga. 
Salah satu kebebasan yang diberikan google dalam mengelola blog lainnya adalah keterbukaan pada aplikasi pihak ketiga. Apabiladiinginkan, aplikasi aplikasi tersebut dapat ditampilan kedalam Blog. Bahkan jika jika anda termasuk programmer, Blogspot sangat terbuka terhadap karya anda.



Dengan banyaknya fitur yang ditawarkan, sangat saying sekali utuk dilewatkan. Bagi banyak orang, Blogspot merupakan layanan Blog yang keren dengan fitur-fitur yang terus dikembangkan dan ditambah hingga saat ini.



Sumber : Ridwan Sanjaya – Step by step Blogspot.

                       


Tidak ada komentar: